Selasa, 17 Maret 2009

KONGRES ILMIBSI DAN LKMM NASIONAL


KONGRES ILMIBSI KE II DAN LKMM NASIONAL
“INTERAKSI BUDAYA”


Latar Belakang
Budaya sebagai cerminan bangsa adalah mahakarya dalam perjalanan peradaban manusia yang harus terus dijaga dan dipertahankan eksistensinya. Sebagai bangsa yang berbudaya, Indonesia sangat kaya akan berbagai macam variasi budaya yang senantiasa terus mangiringi perjalanan ide-ide dan karya-karya baru bangsa ini.
Seiring perjalanan waktu, peradaban itu terus bergulir dan mampu manghasilkan kehidupan yang lebih layak lagi. Sampai hari ini kita yakin dengan apa yang kita miliki untuk tetap bisa terus berkarya melalui hasil cipta rasa dan karsa kita sebagai manusia-manusia Indonesia yang berpotensi dan kreatif. Di tengah perguliran zaman dengan berbagai tantangan dan rintangan seperti pengaruh budaya luar yang sangat kental dengan serangan yang bertubi-tubi dahsyatnya yang dalam realitasnya mampu menguatkan kita.
Salah satu bentuk nyata yang mampu membuat kita kuat adalah kita jangan pernah alfa dengan budaya yang sangat beragam yang kita miliki. Indonesia adalah bangsa yang sangat kaya akan hal itu. Mari kambali saling bahu-mambahu untuk saling memperkokoh jalinan mata rantai yang hampir terputus akibat ketidakseeriusan kita dalam menyikapi kerikil-kerikil kecil yang semakin meruncing dan berbahaya melalui sebuah jalinan yang bisa mempersatukan kita yaitu interaksi budaya. Permasalahan ini tidak boleh dipandang sebelah mata, jangan pernah saling menyalahkan karena ini tanggung jawab kita bersama, bukan hanya pemerintah atau masyarakat elit saja tapi semua komponen termasuk mahasiswa.
Mahasiswa sebagai kontrol sosial sangat diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan ini dengan bijak dan intelek. Sebagai wujud rasa tanggung jawabnya yang tinggi, maka hal ini menggerakkan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Sastra Universitas Andalas mangangkatkan kegiatan “Interaksi Budaya” yang berisi Seminar Nasional, LK (Latihan Kepemimpinan) Nasional dan Kongres II Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Budaya dan Sastra Se-Indonesia (ILMIBSI). Kegiatan ini dimaksud untuk mampu mengangkat derajat bangsa demi terwujudnya cita-cita nasional.
Tema
Kegiatan ini bertemakan: “Dengan Kongres dan LK Nasional Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Budaya dan Sastra Se-Indonesia (ILMIBSI) kita perkuat peran ILMIBSI dalam menyikapi isu-isu sosial, politik dan budaya ”.
Tujuan
1. Membangun rasa kepedulian tentang pendidikan dalam memajukan Bangsa dan Negara Indonesia.
2. Meningkatkan kompetensi Mahasiswa terutama dalam bidang Sosial, Politik, Sastra dan Budaya.
3. Turut mendorong dan menciptakan suasana akademis yang kondusif untuk mengembangkan keilmuan civitas akademika.
4. Menjalin dan mempererat hubungan kerjasama antara sesama Mahasiswa Fakultas Sastra dan Budaya Se-Indonesia.
5. Menjalin silaturrahmi antar antara sesama Mahasiswa Fakultas Sastra dan Budaya Se-Indonesia.
6. Melalui Kongres dan LK Nasional Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Budaya dan Sastra Se-Indonesia (ILMIBSI) kita perkuat peran ILMIBSI dalam menyikapi isu-isu sosial, politik dan budaya.
Sasaran Kegiatan
Sasaran kegiatan ini adalah Mahasiswa Fakultas Sastra dan Budaya Se-Indonesia.

Nama dan Bentuk Kegiatan
Kegiatan ini bernama: Interaksi Budaya / 26 Februari – 1 maret 2009
Rangkaian kegiatan acara ILMIBSI 2009 terdiri dari :
Pembukaan Acara.
Pertunjukan Tarian Lokal Minang (SUMBAR).
Seminar Nasional.
Kongres II ILMIBSI (Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Budaya dan Sastra Se-Indonesia).
Latihan Kepemimpinan Nasional (LK Nasional).
Keakraban, Minat, Dan Bakat.
SUMBAR Tour.

GAMBARAN ACARA “INTERAKSI BUDAYA”
Seminar nasional

Seminar nasional dengan tema “Implementasi Adat basandi syarak, Syarak basandi kitabullah dalam peraturan daerah Sumbar” berlangsug pada hari Kamis, 26 Februari 2009 bertempat di Ruang Seminar Nasional Kampus Universitas Andalas mulai pukul 08.00-12.30 dengan pembicara:
Ketua MPR RI Dr Hidayat Nur Wahid*
Prof. Dr. Syah Munir
Buya Mas’ud Abidin
Bpk. Mafendi
Dosen fak.sastra unand Israr Iskandar
Mahasiswa fak.sastra Rizki kurniawan
Kongres II Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Budaya dan Sastra Se-Indonesia (ILMIBSI).
Pertemuan Lembaga Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya dan Sastra Se-Indonesia dengan tema “Peran ILMIBSI dalam menyikapi isu-isu social, politik dan budaya ” berlangsung selama 4 hari pada tanggal 26 Februari – 01 Maret 2009.

Latihan Kepemimpinan Nasional (LK Nasional)
Latihan Kepemimpinan ini bertema “Pemimpin Ideal Pembaharu Bangsa” merupakan salah satu rangkaian acara yang merupakan hasil keputusan pada kongres sebelumnya, berlangsung selama 4 hari pada tanggal 26 Februari – 01 Maret 2009. Hari terakhir seluruh peserta Kongres dan LK Nasional akan mengikuti tour wisata dan budaya SUMBAR TOUR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar