Selasa, 17 Maret 2009

KONGRES II ILMIBSI DAN LKMM NASIONAL

Latar Belakang
Budaya sebagai cerminan bangsa adalah mahakarya dalam perjalanan peradaban manusia yang harus terus dijaga dan dipertahankan eksistensinya. Sebagai bangsa yang berbudaya, Indonesia sangat kaya akan berbagai macam variasi budaya yang senantiasa terus mangiringi perjalanan ide-ide dan karya-karya baru bangsa ini.
Seiring perjalanan waktu, peradaban itu terus bergulir dan mampu manghasilkan kehidupan yang lebih layak lagi. Sampai hari ini kita yakin dengan apa yang kita miliki untuk tetap bisa terus berkarya melalui hasil cipta rasa dan karsa kita sebagai manusia-manusia Indonesia yang berpotensi dan kreatif. Di tengah perguliran zaman dengan berbagai tantangan dan rintangan seperti pengaruh budaya luar yang sangat kental dengan serangan yang bertubi-tubi dahsyatnya yang dalam realitasnya mampu menguatkan kita.
Salah satu bentuk nyata yang mampu membuat kita kuat adalah kita jangan pernah alfa dengan budaya yang sangat beragam yang kita miliki. Indonesia adalah bangsa yang sangat kaya akan hal itu. Mari kambali saling bahu-mambahu untuk saling memperkokoh jalinan mata rantai yang hampir terputus akibat ketidakseeriusan kita dalam menyikapi kerikil-kerikil kecil yang semakin meruncing dan berbahaya melalui sebuah jalinan yang bisa mempersatukan kita yaitu interaksi budaya. Permasalahan ini tidak boleh dipandang sebelah mata, jangan pernah saling menyalahkan karena ini tanggung jawab kita bersama, bukan hanya pemerintah atau masyarakat elit saja tapi semua komponen termasuk mahasiswa.
Mahasiswa sebagai kontrol sosial sangat diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan ini dengan bijak dan intelek. Sebagai wujud rasa tanggung jawabnya yang tinggi, maka hal ini menggerakkan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Sastra Universitas Andalas mangangkatkan kegiatan “Interaksi Budaya” yang berisi Seminar Nasional, LK (Latihan Kepemimpinan) Nasional dan Kongres II Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Budaya dan Sastra Se-Indonesia (ILMIBSI). Kegiatan ini dimaksud untuk mampu mengangkat derajat bangsa demi terwujudnya cita-cita nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar